Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Virus Tokso Rubella, Kenali Gejala untuk Kehamilan yang Sehat

Virus Tokso Rubella, Kenali Gejala untuk Kehamilan yang Sehat adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 2:06:00 AM oleh Unknown.

Virus tokso rubella merupakan jenis virus yang bisa menyerang dan menginfeksi ibu hamil. Nama tokso rubella sendiri merupakan gabungan antara toksoplasma gondii dengan rubella. Biasanya, virus ini ditemukan bersama dengan infeksi virus lain yang lebih sering dikenal sebagai TORCH atau Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan terakhir adalah virus Herpes. Keempatnya, dapat membahayakan bayi dan ibu yang mengandungnya.
Nah, kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menyimak tentang TORCH, lebih khusus tentang toksoplasma dan rubella. Agar pemahaman tentang kesehatan saat hamil dapat lebih mendalam. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Tentang virus tokso rubella, pengertian dan gejala

Virus Tokso Rubella

Infeksi toksoplasma

Infeksi dari toksoplasma ini disebabkan oleh toksoplasma gondii. Biasanya, infeksi jenis ini tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Hanya sekitar 10 hingga 20 persen dari penderita infeksi toksoplasma ini memunculkan gejala yang cukup ringan dan mirip sekali dengan gejala influenza. Tidak hanya itu, mereka dengan infeksi toksoplasma juga bisa mengalami lelah, malas, dan demam. Umumnya, gejala ini tidak akan menimbulkan masalah yang serius.

Namun ketika infeksi toksoplasma ini terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil, maka kemungkinan masalah lain akan timbul. Masalah tersebut misalnya keguguran sebanyak 4 %, bayi lahir dalam keadaan mati 3 %, dan bayi yang membawa sifat toksoplasma bawaan. Ketika bayi mengalami kondisi yang ketiga, maka kondisinya bisa dideteksi dan terlihat saat sudah dewasa. Tandanya adalah adanya kelainan pada telinga, cacat mental, cacat mata, kejang-kejang, dan yang lainnya.

Pemeriksaan dari toksoplasma ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan di laboratorium. Pasalnya, gejala kliniknya susah sekali untuk dilihat secara spesifikasi. Biasanya, akan dicek menggunakan anti toksoplasma IgG, IgA, dan IgM. Di sinilah kiranya penting sekali untuk mengecek kesehatan kehamilan. Pemeriksaan ini juga bisa ditegakkan untuk melihat infeksi virus tokso rubella secara umum (anti toksoplasma IgG dan anti rubella IgG, misalnya)

Infeksi rubella

Infeksi rubella menjadi sangat berbahaya manakala menyerang seorang wanita yang sedang hamil muda. Ketika terjadi di trimester pertama maka risiko terjadi kelainan pada bayi adalah 25% sedangkan ketika terjadi pada bulan pertama kehamilan risikonya naik 50%. Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi ini beraneka macam. Dari ruam merah hingga demam akut. Gejalanya bisa berbeda pada masing-masing individu. Maka dari itu pemeriksaan lab diperlukan. Lebih baik pemeriksaan ini dilakukan sebelum kehamilan berusia kurang dari 18 minggu.

Tindakan pencegahan

Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menghindari infeksi virus tokso rubella ini adalah vaksinasi, mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, melakukan pemeriksaan sebelum kehamilan, mengonsumsi makanan yang matang (bukan mentah atau setengah matang), memeriksakan kandungan secara teratur, menjaga kebersihan tubuh, dan tentunya menghindari kontak dengan penderita lainnya.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Virus Tokso Rubella, Kenali Gejala untuk Kehamilan yang Sehat di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top