Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

9 Penyebab Susah Hamil yang Harus Diwaspadai

9 Penyebab Susah Hamil yang Harus Diwaspadai adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 1:36:00 AM oleh Unknown.

Penyebab susah hamil sangat bervariasi. Namun umumnya, gangguan kesuburan menjadi penyebab utamanya. Gangguan kesuburan ini biasanya dialami oleh lelaki maupun perempuan karena gaya hidup yang salah dan tidak sehat. Gaya hidup tak sehat bisa menimbulkan masalah sendiri pada ovulasi seorang perempuan yang pada kelanjutannya dapat menyebabkan seorang perempuan susah hamil. Kali ini, kami akan merangkum setidaknya 9 penyebab dari susahnya seorang wanita hamil padahal sudah melakukan hubungan intim. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Inilah 9 penyebab susah hamil yang harus diwaspadai

Penyebab Susah Hamil


Pertama, endometriosis

Kondisi ini terjadi saat jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Akibatnya, bagian atau alat reproduksi seperti saluran telur, ovarium, dan sel telur dapat terpengaruh. Bahkan fungsi sperma juga ikut terpengaruh.

Kedua, ovarium jaringan parut

Kerusakan ovarium bisa saja terjadi pada saat pembedahan kista yang terjadi pada ovarium. Hal ini kemudian dapat menyebabkan masalah pada masa ovulasi pada wanita.

Ketiga, masalah tiroid

Tidak hanya masalah pada alat reproduksi, susah hamil juga bisa disebabkan oleh masalah kelenjar lain seperti tiroid. Adalah hipertiroidisme dan hipotioridisme yang bisa memicu seorang wanita menjadi susah sekali hamil. Dalam hal ini, dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita.

Keempat, pengobatan kanker

Pengobatan kanker berupa radioterapi baik pada lelaki maupun perempuan dapat mengganggu kesuburan masing-masing. Dalam hal ini, penurunan kesuburan pada wanita terjadi akibat sinar radiasi dan sudah terbukti dalam penelitian. Namun tetap saja perlu ditelisik lebih jauh, bagian tubuh mana yang terkena sinar radiasi tersebut.

Kelima, adhesi pelvis

Ketika seorang melakukan operasi panggul, operasi usus buntu, dan terbentuk jaringan perut. Maka ini akan mengakibatkan terganggunya kesuburan seorang wanita. Dalam hal ini, struktur tuba falopi dapat berubah sehingga bisa mengganggu perjalanan sel telur.

Keenam, kerusakan pada tuba falopi

Kerusakan tidak hanya pada ovarium saja, tuba falopi pun bisa mengalami kerusakan. Ini bisa menjadi penyebab susah hamil pada sebagian wanita. Khususnya bagi mereka yang di saluran tuba falopinya tersumbat atau ada jaringan perut karena peradangan yang terjadi pada daerah saluran tuba tersebut. Kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh bakteri klamidia yang merupakan salah satu bakteri yang ditularkan melalui genital, mulut, dan yang lainnya. Bakteri ini masuk dalam jajaran penyakit menular seksual.

Ketujuh, menopause dini

Selanjutnya, masalah kewanitaan yang mungkin dialami adalah menopause dini. Dalam hal ini, wanita akan mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Menopause ini dapat diakibatkan oleh radiasi yang memicu daya imun tubuh seorang wanita.

Kedelapan, gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Pasalnya, selain dapat mengganggu kesehatan. Gaya hidup tak sehat juga bisa menyebabkan wanita menjadi susah hamil. Salah satunya adalah dengan merokok. Klik makanan sehat untuk ibu hamil.

Kesembilan, usia


Faktor usia juga dapat menjadi salah satu penyebab susah hamil. Seorang wanita dengan usia di atas 40 tahun misalnya, akan memiliki sel telur yang kurang sehat jika dibandingkan saat mereka masih muda. Selain 9 penyebab ini, masih banyak penyebab lainnya yang juga perlu diwaspadai.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 9 Penyebab Susah Hamil yang Harus Diwaspadai di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top