Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Trimester Pertama Kehamilan dan Tips Menjaganya

Trimester Pertama Kehamilan dan Tips Menjaganya adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 2:11:00 AM oleh Unknown.

Trimester pertama kehamilan merupakan masa-masa yang membahagiakan bagi ibu hamil, apalagi yang mengandung anak pertama. Pada masa ini, kebahagiaan dan keinginan untuk mendapatkan momongan seolah terwujud setelah penantian yang cukup panjang. Namun kebahagiaan ini tidak boleh melenakan ibu hamil. Mereka harus senantiasa menjaga kondisi kehamilannya agar bayi yang dikandung selalu sehat. Apalagi pada masa ini, sejumlah kondisi tidak mengenakkan akan terjadi. Misalnya, mual dan muntah yang berlebihan, pendarahan pada miss V, hingga sakit kepala sebelah parah yang mengharuskan ibu hamil beristirahat total di atas ranjang. Demi menjadi kebahagiaan dan janin Anda, Anda harus siap menanggulangi beberapa keluhan-keluhan saat awal-awal kehamilan.

Nah, setelah kami membahas tanda-tanda kehamilan, kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengintip rahasia sehat ibu hamil pada saat trimester yang pertama. Jika Anda adalah ibu hamil yang ada dalam kondisi ini, mari ikuti ulasannya berikut ini;

Trimester pertama, keajaiban yang terjadi dan tips menjaga kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan
Trimester Pertama



Perkembangan demi perkembangan bayi dalam kandungan Anda merupakan satu keajaiban yang tidak dapat dipungkiri kebenarannya. Melihat dia tumbuh dari proses pembuahan atau fertilisasi, kemudian implantasi, hingga perkembangan embrio setelahnya yang bisa dilihat melalui alat Ultrasonografi atau USG adalah satu hal yang menakjubkan. Keajaiban ini dapat Anda lihat secara bertahap dan membuat Anda bahagia manakala Anda mampu menjaga kehamilan di trimester pertama, berikut tipsnya untuk Anda;

Minum air putih

Mual dan muntah adalah hal wajar yang dialami oleh ibu hamil. Bahkan dalam beberapa kondisi, seorang ibu hamil bisa mengalami mual dan muntah yang berlebihan. Hal ini akan berakibat pada dehidrasi dan jika tidak diatasi dengan baik akan membuat tubuh terasa lemas. Maka dari itu, saat Anda hamil, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan jangan sampai hidrasi. Delapan hingga 10 gelas air putih dalam satu hari akan sangat Anda butuhkan. Bahkan, dalam kondisi tertentu, Anda mungkin akan membutuhkan minimal 12 gelas sehari.

Jadilah ibu hamil yang cerdas dan berwawasan luas

Ketika Anda sedang hamil, akan sangat banyak informasi yang Anda butuhkan. Mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi kehamilan, tips merawat dan menjaga kesehatan saat hamil, dan informasi lainnya. Dapatkan informasi ini melalui TV, buku, internet, ibu atau kerabat Anda yang pernah hamil, dan yang lainnya. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, pengetahuan Anda tentang kehamilan akan bertambah. Jangan lupa untuk selalu mengamati perubahan demi perubahan yang terjadi pada diri Anda.

Makanan yang boleh dikonsumsi dan harus dihindari

Makanan sehat merupakan makanan terbaik untuk ibu hamil. Anda bisa memilih makanan yang mudah dicerna seperti ubi, jus buah, kentang dan yang lainnya. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, lemak jenuh, makanan yang digoreng, dan olahan tak sehat lainnya. Lebih baik Anda makan dengan porsi kecil dan sering dari pada porsi besar dan sekali. Karena porsi besar ini bisa memicu rasa mual dan muntah pada saat trimester pertama kehamilan. Pastikan juga bahwa Anda beraktivitas perlahan. Tidak terlalu memaksakan diri adalah cara bijak dan terbaik.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Trimester Pertama Kehamilan dan Tips Menjaganya di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top