Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Senam Ibu Hamil Untuk Kelancaran Persalinan

Senam Ibu Hamil Untuk Kelancaran Persalinan adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 12:00:00 AM oleh Unknown.

Senam ibu hamil perlu sekali dilakukan oleh seorang ibu agar persalinannya dapat lancar dan dapat melahirkan secara normal. Bahkan, saking pentingnya gerakan senam ini, senam untuk ibu hamil dibagi dalam beberapa gerakan dan disesuaikan dengan usia kandungan. Apakah masuk dalam usia trimester 1, trimester 2, ataukah trimester 3. Selain agar dapat melancarkan persalinan, senam untuk ibu hamil juga dilakukan untuk membantu ibu hamil agar terlihat bugar dan selalu sehat. Dengan badan ibu yang sehat, maka bayi yang ada dalam kandungan pun bisa ikut sehat. Tentang senam dan gerakan senam untuk ibu hamil ini akan kami ulas lengkap dalam artikel ini. Simak.

Tentang senam ibu hamil dan manfaatnya untuk persalinan

Senam Ibu Hamil


Senam kegel

Senam yang paling populer untuk ibu hamil adalah senam kegel. Senam ini bertujuan untuk menguatkan panggul dari ibu hamil dengan cara melatih sekaligus menguatkan otot-otot dasar dari panggul. Tujuannya, agar saat melahirkan, prosesnya bisa dilalui dengan mudah. Senam ibu hamil yang satu ini juga dapat melatih otot yang berada di area kandung kemih, rahim, rektum, hingga uretra. Anda bisa melakukan gerakan kegel saat duduk maupun berdiri. Tidak perlu waktu lama, cukup 3 hingga 10 menit dengan intensitas 4 kali dalam satu hari.

Memiringkan panggul

Senam yang satu ini bisa dilakukan saat trimester ketiga. Tujuan dari senam hamil satu ini adalah untuk meningkatkan kekuatan dari otot perut sekaligus meredakan sakit pinggang yang biasa terjadi di trimester 3. Posisikan diri Anda seperti merangkak dengan letak kepala dan punggung dalam posisi sejajar. Kemudian tarik nafas dalam-dalam sambil menengadah ke atas. Ulangi dan tetap santai.

Senam jongkok

Lakukan senam ibu hamil lain, yakni senam jongkok. Mulailah gerakan dengan berdiri dengan punggung lurus dan secara perlahan turunkan badan hingga posisi jongkok. Kemudian, tahan posisi ini selama 10 detik (hitung sebanyak 10 kali) lantas kembali ke posisi berdiri lagi. Kemudian ulangi gerakan ini.

Jalan kaki

Olahraga lain yang sangat penting untuk ibu hamil adalah jalan kaki. Hal ini karena jalan kaki dapat memudahkan proses persalinan, bahkan menghemat waktu persalinan. Yang tadinya memakan waktu lama bisa dipersingkat. Lakukan hal ini pada saat trimester ketiga karena pada saat inilah posisi bayi ada di perut bagian bawah dan dapat memosisikan bayi tersebut pada lokasi terbaik untuk masuk dalam jalur lahir.

Pose tailor


Senam lainnya yang bisa Anda lakukan adalah pose tailor. Mulailah senam dengan duduk di lantai atau matras. Posisikan punggung Anda lurus dengan dinding. Satukan telapak kaki hingga rapat dan doronglah bagian lutut Anda ke bawah. Lakukan posisi ini selama 10 hingga 20 detik dan ulangi hingga beberapa kali dalam satu hari. Manfaat dari senam ibu hamil satu ini adalah dapat menghilangkan stres punggung bagian bawah dari ibu hamil dan melatih otot paha ibu hamil. 
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Senam Ibu Hamil Untuk Kelancaran Persalinan di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top