Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Perawatan Payudara pada Ibu Hamil dan Menyusui

Perawatan Payudara pada Ibu Hamil dan Menyusui adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 2:02:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Perawatan payudara pada ibu hamil dan menyusui memang perlu dilakukan. Tujuannya baik, agar ASI untuk buah hati Anda bisa lancar, agar bagian pangkal payudara lebih lentur, dan agar payudara dapat bersih dan steril sehingga aman untuk buah hati yang nantinya akan meminumnya. Hal ini kemudian akan menghindarkan bayi dari terjangkitnya penyakit. Lalu, bagaimana perawatan yang baik untuk payudara saat Anda hamil dan saat Anda menyusui? Ulasannya dalam artikel ini.

Beberapa perawatan payudara pada ibu hamil dan menyusui yang dapat dilakukan

Perawatan Payudara pada Ibu Hamil dan Menyusui

Pertama, memijat payudara

Pemijatan pada payudara memiliki tujuan yang penting, yakni memberikan relaksasi pada payudara Anda. Pemijatan ini bahkan disarankan dilakukan sedini mungkin, bahkan saat kehamilan masuk usia 5 atau enam bulan. Atau dengan kata lain, saat kehamilan sudah mulai kelihatan. Namun demikian, pemijatan ini sebaiknya dihentikan sementara saat kehamilan masuk trimester ketiga. Agar tidak terjadi kontraksi di rahim. Kemudian, pemijatan bisa dilanjutkan setelah melahirkan. Pemijatan ini bisa dimulai dengan membersihkan payudara dengan air hangat kemudian dipijat menggunakan baby oil. Lakukan gerakan memutar dari atas menuju bagian pusat payudara atau puting bagian bawah. Lakukan satu demi satu selama beberapa menit.

Kedua, perawatan pada puting

Perawatan payudara pada ibu hamil dan menyusui tidak hanya dilakukan pada payudara. Tetapi lebih khusus dilakukan pada bagian puting. Sebab nantinya bagian inilah yang akan digunakan oleh bayi untuk meminum ASI eksklusifnya. Cara mudahnya adalah dengan mengompres puting dengan air hangat. Biarkan selama 2 hingga 3 menit. Kemudian olesi puting susu Anda dengan baby oil atau salep khusus puting. Hal ini bisa Anda lakukan bersamaan dengan pemijatan payudara. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan sabun untuk membersihkan puting karena dapat membuat puting menjadi kering.

Ketiga, merawat dari dalam

Perawatan juga tetap harus dilakukan dari dalam. Untuk memperlancar ASI, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat untuk mencukupi nutrisi Anda. ASI harus mengandung gizi yang baik dan untuk mendapatkan itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Lebih khusus untuk ASI, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau. Pastikan juga bahwa Anda mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih.

Keempat, berpikir positif

Selanjutnya, untuk menghasilkan ASI yang sehat, Anda harus berpikir sehat. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa menjadi ibu terbaik dengan memberikan ASI eksklusif untuk bayi Anda. Pikiran yang tenang dan rileks bisa membuat ASI Anda lebih lancar. Anda adalah kunci dari ASI yang akan dihasilkan oleh payudara Anda.


Oleh karena itu, selain perawatan payudara pada ibu hamil dan menyusui di atas, Anda juga harus memberikan semangat dan dukungan kepada diri Anda sendiri.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Perawatan Payudara pada Ibu Hamil dan Menyusui di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top