Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Perawatan Payudara Setelah Melahirkan dalam 7 Langkah

Perawatan Payudara Setelah Melahirkan dalam 7 Langkah adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 3:57:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Perawatan payudara setelah melahirkan memang penting dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. Pasalnya, keseluruhan payudara Anda harus sehat agar siap memberikan ASI eksklusif terbaik kepada bayi Anda. Lantas, perawatan apa saja yang bisa Anda lakukan? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Inilah 7 langkah perawatan payudara setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan

Perawatan Payudara Setelah Melahirkan

Pertama, membersihkan puting susu

Untuk membersihkan bagian ini, terlebih dulu Anda harus membersihkan tangan dengan sabun. Siapkan handuk dan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil. Kemudian duduklah bersandar dengan baju berkancing depan. Buka kancing baju Anda dan mulai meletakkan handuk di bawah payudara. Kompres puting susu Anda dengan kapas dan baby oil. Diamkan selama 3 hingga 5 menit lalu gosokkan kapas di sekitar puting untuk menghilangkan kotoran.

Kedua, lakukan pemijatan

Anda juga perlu melakukan pemijatan di area payudara Anda. Anda bisa menggunakan baby oil untuk memijat payudara kanan dan kiri. Lakukan pemijatan dengan cara yang benar dan bisa membuat sirkulasi darah di daerah puting susu Anda kembali lancar.

Ketiga, kompres payudara

Ambil waslap yang sudah dihangatkan, kemudian kompres payudara Anda dnegan waslap hangat tersebut. Biarkan selama 2 menit dan gantilah dengan waslap dingin. Pengompresan dengan waslap dingin ini selama satu menit saja. Lakukan pada payudara kanan dan kiri secara bergantian dan ulangi sebanyak 2 kali kemudian akhiri dengan air hangat.

Keempat, lebih cepat lebih baik

Perawatan payudara setelah melahirkan ini bisa Anda lakukan setelah 2 hari pasca melahirkan. Lakukan perawatan ini setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Jika Anda melakukan cara ini dengan teratur, maka Anda bisa mendapatkan payudara yang sehat setelah melahirkan.

Kelima, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Menyusui membutuhkan kalori yang cukup besar. Mudahnya, Anda harus berbagi makanan dengan anak Anda. maka dari itu, Anda harus mencukupi kebutuhan gizi Anda setiap hari. Makanlah makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Hal ini selain akan dapat membantu Anda mendapatkan produksi ASI yang banyak, kualitas ASI dan kesehatan Anda juga dapat terjaga selama menyusui.

Keenam, rileks

Selain perawatan luar, Anda juga harus menjaga pola pikir Anda agar selalu rileks, tenang, dan tidak stres. Dengan pikiran yang tenang, tubuh Anda akan jauh lebih sehat. Jangan lupa juga untuk beristirahat secukupnya. Agar kondisi tubuh Anda tetap fit selama menyusui buah hati.

Ketujuh, jaga kebersihan payudara dan tubuh


Terakhir, perawatan payudara setelah melahirkan adalah menjaga kebersihan payudara Anda dengan baik. Selain kebersihan payudara, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan Anda. Gunakan bra yang pas dan sesuai serta bersih. Pastikan bahwa bra yang Anda kenakan dapat menyokong bentuk payudara Anda.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Perawatan Payudara Setelah Melahirkan dalam 7 Langkah di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top