Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Massage Payudara untuk Mendapatkan ASI Eksklusif

Massage Payudara untuk Mendapatkan ASI Eksklusif adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 2:27:00 AM oleh Unknown.

Pemijatan atau massage payudara untuk mendapatkan ASI eksklusif memang penting dilakukan, utamanya bagi ibu hamil yang susah mengeluarkan ASI. Pemijatan ini pada dasarnya akan sangat baik jika dilakukan pada saat kehamilan hingga sesaat setelah persalinan. Tujuannya adalah untuk merawat payudara dan memberikan rangsangan baik untuk payudara seorang ibu. Jika Anda bingung dengan cara pemijatan yang benar, kami akan merangkumnya untuk Anda. Simak.

Tentang pijat atau massage payudara untuk mendapatkan ASI eksklusif bagi buah hati

Massage Payudara untuk Mendapatkan ASI Eksklusif

Untuk merangsang produksi ASI atau air susu ibu, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini;

Pemijatan payudara saat hamil

Pemijatan payudara saat hamil seharusnya dilakukan guna memberikan rangsangan pada payudara dan membantunya untuk mengeluarkan ASI. Sebab sudah tidak dapat dipungkiri, kelancaran ASI pada masing-masing orang berbeda. Pemijatan pada saat hamil ini dilakukan saat usia kandungan memasuki angka 7 bulan. Saat itu, kehamilan sudah sangat besar dan segala persiapan persalinan sudah mulai dilakukan.

Pemijatan payudara setelah persalinan

Untuk meningkatkan volume ASI yang dikeluarkan, Anda bisa melakukan pemijatan setelah persalinan. Mulai lakukan ini setelah hari ke-2 dari hari melahirkan.

Teknik pemijatan yang benar

Massage payudara untuk mendapatkan ASI eksklusif dapat dilakukan dengan cara-cara mudah, silakan ikuti tahapan ini;

Mencuci tangan

Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum Anda memulai pemijatan. Kebersihan dan kehigienisan tangan merupakan satu hal yang sangat penting. Anda bisa menuangkan baby oil ke tangan Anda.

Menyokong payudara

Langkah kedua adalah menyokong payudara kanan dengan tangan kanan. Kemudian lanjutkan dengan gerakan memutar kecil menggunakan dua atau tiga jari dari tangan kiri. Mulailah dari pangkal payudara dan akhiri di tengah atau puting susu. Lakukan terus hingga seluruh permukaan payudara kanan tersapu dan rileks semua. Jika sudah, lakukan hal yang sama untuk payudara kiri Anda.

Meletakkan telapak tangan di payudara

Letakkan telapak tangan Anda di masing-masing payudara, kemudian mulai lakukan massage atau urut dari bagian tengah menuju bagian atas dengan melewati seluruh pinggir payudara ke bagian bawah. Berhenti saat telapak tangan berada di bawah menyangga payudara. Angkat payudara sebentar dan lepaskan pelan-pelan. Lakukan cara massage ini sebanyak 30 kali.

Pemijatan lanjutan

Selanjutnya, Anda bisa menyokong payudara kanan Anda dengan tangan kanan, kemudian urut payudara kanan dengan tangan kiri. Lakukan menggunakan sisi luar telapak tangan dan dimulai dari pangkal payudara dan diakhiri dengan puting susu. Ulangi hingga 30 kali dan lakukan hal yang sama pada bagian kiri.

Pengompresan

Langkah terakhir adalah mengompres payudara. Siapkan dulu waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat (waslap hangat) lalu kompreskan pada payudara. Tujuannya adalah untuk memperlancar sirkulasi dan mengangkat sisa minyak pada payudara.


Itulah cara massage payudara untuk mendapatkan ASI eksklusif yang benar. Anda bisa mencoba menerapkannya dengan mudah untuk buah hati Anda. Baca juga tips perawatan payudara agar tetap kencang.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Massage Payudara untuk Mendapatkan ASI Eksklusif di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top