Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

5 Cara Merawat Perut Setelah Melahirkan Caesar

5 Cara Merawat Perut Setelah Melahirkan Caesar adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 12:12:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Merawat perut setelah melahirkan caesar tidak banyak berbeda dengan perawatan pada kelahiran normal. Karena pada dasarnya, masalah yang akan dihadapi sama, yakni perut yang masih menggembung meskipun sudah melahirkan. Kondisi perut yang masih seperti hamil meski sudah melahirkan adalah normal. Bahkan dikatakan bahwa butuh waktu sekitar 6 hingga 8 minggu bagi perut untuk kembali ke kondisi semula. Sedangkan kondisi kulit yang bermasalah dengan garis-garis halus dapat hilang dalam waktu 6 hingga 12 bulan. Yang perlu Anda lakukan selain bersabar, tentu adalah merawatnya dengan cara yang sehat. Apa sajakah itu? Ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Ini dia 5 cara merawat perut setelah melahirkan caesar

Cara Merawat Perut Setelah Melahirkan Caesar

Pertama, menyusui

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyusui. Menyusui bayi Anda membutuhkan kalori yang cukup banyak dan ini akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Maka tidak berlebihan jika dikatakan jika menyusui ini baik untuk Anda dan bayi Anda.

Kedua, meminum air putih yang sehat

Air putih memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan manusia, khususnya ibu menyusui. Air putih memiliki manfaat yang baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga akan baik untuk Anda dan bayi Anda. Sementara untuk melihat apakah kadar air Anda cukup, Anda bisa melihatnya dari air kencing Anda. Kencing yang kuning biasanya menandakan bahwa kadar air dalam tubuh kurang.

Ketiga, olahraga

Senam dan latihan ringan bisa membantu Anda untuk mengecilkan perut. Namun demikian, sebelum Anda melakukan olahraga akan sangat baik jika berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang merawat Anda. Karena kondisi operasi tentu akan berbeda dengan kondisi normal. Dalam hal ini, setelah operasi, Anda tentu masih harus dalam pengawasan dokter berkenaan luka pasca operasi, dan lain sebagainya. Jika tidak memungkinkan untuk olahraga, Anda bisa menjalani latihan ringan seperti jalan kaki atau beraktivitas dengan bayi Anda. Mengajaknya bercengkerama dan mengurusnya sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

Keempat, mengonsumsi makanan sehat

Selanjutnya, Anda harus merawat perut setelah melahirkan caesar dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Pilihlah makanan yang sehat dan konsumsilah dengan rutin. Jangan lewatkan jam makan, bahkan kalau perlu makanlah sesering mungkin namun dengan porsi kecil. Atur kadar kalori yang Anda makan sehingga pas untuk tubuh Anda dan bayi. Hindari makanan tidak sehat seperti makanan berlemak, cokelat, gorengan, dan yang lainnya.

Kelima, minum jamu

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara meminum jamu tradisional. Anda bisa memilih jamu beras kencur yang sudah terbukti ampuh membantu mengecilkan perut dan mengembalikan rahim yang tadinya kendur. Namun, sebelum Anda memulai cara ini, akan lebih bijak jika mengonsultasikannya dengan dokter.


Demikian informasi tentang cara merawat perut setelah melahirkan caesar yang dapat dipaparkan.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 5 Cara Merawat Perut Setelah Melahirkan Caesar di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top