Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Ini Dia 4 Tips ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja

Ini Dia 4 Tips ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 1:07:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Hampir semua wanita karier yang menyusui wajib tahu tips ASI Eksklusif untuk ibu bekerja. Agar tugas sebagai ibu tetap terlaksana sekaligus karier tetap berjalan. Memang cukup rumit untuk melakukan keduanya secara beriringan, akan tetapi dengan kegigihan dan kesabaran yang tinggi, Anda pasti bisa. Kali ini kami akan membagi tips mudahnya untuk tetap memberikan ASI eksklusif pada buah hati di sela-sela kesibukan Anda sebagai seorang wanita karier. Simak.

Yuk ikuti 4 tips ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja ini

Tips ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja

Pertama, persiapan

Pada tahap persiapan ini, Anda harus membuat cadangan ASI Eksklusif untuk buah hati Anda 2 minggu sebelum masa cuti Anda habis. Artinya, Anda harus memerah susu selama 2 minggu dan menaruhnya di tempat yang aman. Cara memerahnya adalah dengan menyiapkan cangkir yang cukup lebar mulutnya. Kemudian mencuci tangan dengan antiseptik dan air bersih. Oleskan ASI ke putih dan areola sebelum memulai proses memerah. Kemudian, Anda bisa meletakkan ibu jari, jari tunjuk, dan jari tengah di sekitar areola. Posisikan pada jam 3 dan 9 atau 6 dan 1, horizontal atau vertikal. Kemudian gerakkan tekan lepas jari jemari Anda tadi. Berpindah dari payudara satu ke payudara yang lain hingga payudara terasa kosong. Lakukan pemerasan setiap 2 hingga 3 jam. Simpan ASI dalam wadah yang tertutup dan aman lalu taruh di dalam kulkas atau termos es.

Kedua, memerah ASI di tempat kerja

Saat berada di tempat kerja, Anda pun masih bisa memerah ASI Anda. Ya, tetap lakukan pemerahan setiap 2 hingga 3 jam sekali. Carilah tempat yang aman dan selalu bawa termos es untuk mengamankan ASI yang telah diperah tersebut. Jangan lupa untuk memberi tanggal dan jam Anda memerah dan menyimpan susu tersebut.

Ketiga, minum banyak air putih

Untuk menjaga kondisi Anda selama menjalani tips ASI Eksklusif untuk ibu bekerja ini, jangan lupa untuk meminum banyak air putih baik sebelum maupun sesudah memerah susu. Anda juga harus minum banyak air putih sebelum dan setelah menyusui bayi Anda di rumah. Sebagai tambahan informasi, saat Anda meminumkan ASI hasil perahan, usahakan untuk menggunakan sendok. Jangan gunakan dot.

Keempat, tetap membiasakan diri untuk menyusui langsung

Meski Anda sudah menyiapkan susu atau ASI yang telah diperah, Anda tetap bisa merawat payudara Anda dengan menyusui bayi Anda secara langsung. Dengan cara ini, bayi akan mendapatkan ASI yang super eksklusif dari Anda karena langsung dari payudara sekaligus memberikan masa latihan untuk payudara Anda dalam menghasilkan ASI eksklusif karena disedot oleh jabang bayi.


Itulah tips ASI Eksklusif untuk ibu bekerja yang bisa diterapkan dengan penuh kesabaran dan kedisiplinan. Selamat mencoba.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Ini Dia 4 Tips ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top