Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

6 Penyebab dan Cara Perawatan Rambut Rontok

6 Penyebab dan Cara Perawatan Rambut Rontok adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 2:58:00 AM oleh Unknown.

Perawatan rambut rontok sering dilakukan oleh para wanita karena rambut dianggap sebagi mahkota. Jika rambut sering mengalami  kerontokan, maka bisa dikatakan mahkota yang ada di kepala wanita juga sedang berjatuhan. Kerontokan rambut memang menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Sebelumnya perlu diketahui kerontokan rambut yang mencapai hingga 100 helai setiap hari masih dalam taraf normal. Akan tetapi jika sudah lebih dari itu, maka Anda wajib mengetahui faktor dan cara mengatasinya.


Perawatan Rambut Rontok
Perawatan Rambut 
Berikut ini 6 Faktor Penyebab dan Cara Melakukan Perawatan Rambut Rontok

1.    Faktor Makanan

o    Makanan yang Anda konsumsi sudah pasti memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Kekurangan protein dalam tubuh, bisa menyebabkan daya tahan tubuh berkurang termasuk rambut. Oleh karena itu, jika Anda ingin merawat rambut rontok dan mencegah rambut rontok, maka Anda harus memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh Anda.

o    Kandungan protein yang baik, bisa Anda dapatkan dari telur, susu, dan ikan. Selain protein, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti yang terkandung dalam ikan salmon.

2.    Faktor Vitamin

o    Kekurangan vitamin A, B12, C, dan E juga bisa menyebabkan rambut Anda mengalami kerontokan. Untuk memenuhi kebutuhan semua vitamin itu, simaklah penjelasan berikut ini:

o    Vitamin A sangat penting untuk kesehatan rambut. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, Anda dapat mengonsumsi sayur seperti wortel.

o    Vitamin B12 gunanya untuk membantu produksi sel darah merah sebagai penyedia oksigen untuk tubuh Anda. Maka penuhilah kebutuhan itu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung B12

o    Vitamin C sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan rambut Anda. Kandungan vitamin ini banyak terdapat dalam buah yang sifatnya asam seperti jeruk, lemon, dan lain-lain.

o    Vitamin E membantu sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu terbentuk sel darah baru yang akan membantu rambut Anda tumbuh.

3.    Faktor Minuman

o    Mengonsumsi cairan yang mengandung soda karbon bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Agar tubuh dan rambut Anda tetap sehat, Anda disarankan mencukupi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 liter air sehari. Ini penting dalam rangka perawatan rambut rontok karena sebagian besar rambut terdiri dari air.

4.    Faktor Hormon

o    Rambut rontok biasanya juga disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan hormon. Untuk mengetahui ini, sebaiknya Anda sering konsultasi dengan dokter Anda dan meminta nasihat dokter untuk mengatasi rambut rontok ini.

5.    Stress

o    Keadaan stress juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan meditasi atau yoga untuk membantu mengurangi kerontokan rambut dan menjadikan otak Anda rileks.

6.    Rokok dan Alkohol

o    Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Sebab, rokok bisa menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah dalam tubuh. Begitu juga dengan alkohol atau kafein dapat menyerang kekebalan tubuh yang bisa menjadi faktor rontoknya rambut. Maka, jika Anda memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, jangan pernah berharap memiliki rambut sehat.  

Selain karena faktor di atas cobalah merawat rambut Anda dengan baik dengan menghindari hal-hal berikut:

·         Jangan menggunakan alat pengering rambut dalam temperatur yang sangat tinggi.

·         Jangan terlalu sering mengganti warna rambut karena semakin Anda kerap melakukan itu, maka akan semakin banyak zat-zat kimia di rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan.

·         Jangan sering menggunakan alat-alat untuk meluruskan, membuat kriting, dll karena hal itu bisa merusak dan melemahkan akar rambut.

Demikian tadi faktor penyebab dan cara perawatan rambut rontok. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk rambut anda supaya bisa mengikuti trend model rambut saat ini.





Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 6 Penyebab dan Cara Perawatan Rambut Rontok di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top