Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Penyebab Kelahiran Prematur yang Harus Diketahui

Penyebab Kelahiran Prematur yang Harus Diketahui adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 3:09:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Ibu hamil dan pasangannya harus tahu penyebab kelahiran prematur agar dapat menghindari dan mencegahnya dengan baik. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan adalah agar baik ibu maupun bayi dapat aman dan sehat saat persalinan. Sayangnya, penyebab dari kelahiran prematur ini tidak bisa dipastikan. Hanya beberapa faktor risiko yang akan di bahas dalam artikel ini meningkatkan peluang seorang ibu hamil untuk melahirkan secara prematur. Penasaran? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Ini dia penyebab kelahiran prematur yang harus diketahui

Penyebab Kelahiran Prematur


Adanya infeksi

Infeksi merupakan salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Infeksi ini beraneka macam, dari infeksi yang ada di saluran vagina hingga infeksi di rahim. Beberapa jenis infeksi yang mungkin adalah infeksi saluran kemih, infeksi jamur di vagina, dan listeria atau listeriosis. Ketiga infeksi ini memiliki tindak pencegahan dan pengobatan masing-masing. Misalnya, ISK atau infeksi saluran kemih dapat dicegah dengan banyak minum air putih, tidak menunda kencing, menjaga kebersihan daerah sekitar genetalia. Sedangkan untuk menghindari infeksi jamur di vagina, Anda bisa menjaga kebersihan daerah kemaluan, menjaga kelembaban daerah kemaluan, dan lain sebagainya.

Faktor risiko tinggi

Beberapa faktor risiko di bawah ini juga harus mendapatkan perhatian, jika perlu dihindari;
  1. 1.   Merokok
  2. 2.   Obesitas
  3. 3.   Penyakit yang diderita (diabetes, hipertensi, dan yang lainnya)
  4. 4.   Pernah melahirkan prematur
  5. 5.   Rahim yang tidak normal

Kondisi darurat medis

Kondisi medis atau kesehatan baik ibu maupun bayi juga dapat menjadi penyebab kelahiran prematur. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi adalah infeksi plasenta, plasenta lepas, preeklampsia, dan yang lainnya.

Bayi kembar atau lebih dari 2

Perlu Anda ketahui kalau mengandung bayi kembar bisa membuat kelahiran terjadi lebih awal atau secara prematur. Hal ini karena rahim merenggang akibat ukuran yang melebar karena ukuran bayi yang lebih besar, maksudnya rahim tidak cukup muat untuk dua bayi atau lebih tersebut.

Gaya dan pola hidup

Pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang juga bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur. Selain itu, konsumsi makanan tak sehat akan membuat nutrisi ibu dan bayi dalam kandungan kurang dan bahkan tidak seimbang, akibatnya akan membuat kekurangan nutrisi dan mengalami kelahiran prematur. Ada lagi masalah stres yang menjadi penyebab tidak terduga. Ya, terkadang depresi dan stres dapat menyebabkan kelahiran lebih cepat dari pada jadwal. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan yoga dan meditasi untuk mengelola pikiran dan stres berlebih.

Kondisi bayi

Kondisi bayi dalam kandungan juga bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Misalnya, bayi yang sungsang, terlilit tali pusar, dan yang lainnya. Sebuah kondisi yang memaksa bayi harus dikeluarkan dari pada terjadi sesuatu di dalam kandungan ibu. Usaha ini dilakukan untuk menyelamatkan bayi dan ibu.

Beberapa penyebab kelahiran prematur di atas menjadi risiko yang cukup besar bagi ibu hamil, maka dari itu perlu ditanggulangi dan dicegah sejak awal.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Penyebab Kelahiran Prematur yang Harus Diketahui di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top