Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur pada Bayi

6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur pada Bayi adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 4:24:00 AM oleh Muhammad Ihsan.

Mencegah kelahiran prematur perlu dilakukan oleh semua ibu hamil, khususnya yang memiliki risiko besar terhadap kelahiran prematur. Kelahiran prematur bukan merupakan hal yang bisa dipandang remeh dan dibiarkan begitu saja. Terkadang, karena kasus kelahiran prematur ini, nyawa bayi dan ibu yang melahirkannya tidak bisa ditolong. Terkadang pun, keluarga harus merelakan salah satunya pergi. Maka dari itu tindakan pencegahan adalah satu-satunya solusi yang dapat mengamankan ibu hamil dan bayinya dari peristiwa ini. Bagaimanakah caranya?

Berikut 6 cara mencegah kelahiran prematur pada bayi dan buah hati Anda

Mencegah Kelahiran Prematur


Melakukan perawatan rutin sejak dini

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui segala detail perkembangan bayi Anda. Dan untuk mendapatkan ini, Anda bisa memeriksakan kondisi Anda pada dokter serta mengikuti semua saran yang diberikan. Jika Anda memang diminta meminum vitamin, maka lakukan saja secara rutin. Ini akan mengurangi risiko Anda untuk melahirkan bayi prematur.

Kenali faktor risiko dan konsultasikanlah

Mengontrol kondisi Anda ke dokter merupakan tindakan yang penting, namun lebih penting lagi jika Anda mengenali kondisi kesehatan Anda secara detail. Diskusi akan berjalan dua arah dari Anda dan dokter manakala Anda tahu bagaimana kelahiran prematur dapat terjadi dan apa saja faktor risikonya. Jika Anda pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya, pernah meminum alkohol, pernah jatuh dan membahayakan kondisi janin, pernah merokok, bahkan memiliki riwayat keluarga yang pernah melahirkan prematur, maka konsultasikanlah dengan dokter dan cari solusinya bersama-sama. Ini akan membuat ibu hamil lebih aman dan sehat sekaligus dapat mencegah kelahiran prematur.

Apakah Anda memiliki infeksi saluran kemih?

Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kelahiran prematur adalah infeksi saluran kemih. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah studi sehingga harus dihindari benar. Pasalnya, infeksi di vagina dapat membuat tubuh melepaskan sitokin yakni zat yang bertugas melawan infeksi di vagina tersebut. Pada kelanjutannya, tubuh akan melepaskan prostaglandin yang akan memicu pelebaran dan kontraksi pada leher rahim.

Perhatikan kesehatan gigi dan mulut serta jaga berat badan ideal

Selain kondisi tubuh bagian dalam dan alat reproduksi, kesehatan gigi dan mulut juga harus dijaga. Adanya masalah gigi dan gusi bengkak dapat memicu kelahiran prematur. Hal yang sama bisa terjadi saat seseorang memiliki berat badan berlebih. Peluang untuk melahirkan secara prematur juga besar.

Jaga pola makan dan olahraga teratur

Selama hamil, Anda harus menjaga pola makan yang sehat serta olahraga secara teratur. Salah satu makanan yang disarankan untuk menurunkan peluang terjadinya kelahiran prematur adalah sumber makanan asam lemak omega 3.

Hindari stres dan depresi


Perlu Anda ketahui bahwa stres dan depresi dapat meningkatkan peluang terjadinya kelahiran prematur hingga 2 kali lipat. Selalu berpikir positif dan lakukan meditasi sekaligus yoga untuk mengelola stres akan mencegah kelahiran prematur pada perempuan hamil.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur pada Bayi di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top