Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

9 Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Efektif

9 Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Efektif adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 5:33:00 AM oleh Unknown.

Merangsang persalinan biasanya dilakukan pada ibu hamil yang akan melahirkan secara normal. Pada kondisi ini, perangsangan akan dilakukan agar bayi dapat keluar lahir dengan cepat dan selamat. Selain itu, perangsangan persalinan juga ditujukan untuk membantu psikologis ibu hamil jelang melahirkan. Agar mereka tidak tegang dan bisa rileks menghadapi persalinannya. Lantas, bagaimanakah detail caranya? Simak ulasan berikut ini.

Inilah 9 tips merangsang persalinan yang alami efektif dan aman

Merangsang Persalinan


Berjalan kaki

Berjalan kaki ternyata menjadi cara pertama yang sering dilakukan karena mudah dan murah. Hanya dengan berjalan santai jelang persalinan, seorang ibu bisa merangsang proses persalinannya agar lebih cepat datang. Aturannya, saat berjalan tubuh harus tetap tegak dan tidak condong ke belakang.

Senam hamil

Senam hamil tidak boleh dilakukan sendiri oleh ibu hamil karena dikhawatirkan akan ada salah gerakan yang justru dapat membahayakan kondisi janin yang ada dalam perut. Senam hamil yang memiliki tujuan untuk memperlancar persalinan ini harus diawasi oleh sang ahli. Gerakan-gerakan untuk mempercepat proses kehamilan pada senam hamil ini terbilang khusus dan memiliki tujuan untuk membuat kontraksi rahim menjadi lebih efektif, memperlancar penurunan bagian bawah janin ke jalan lahir, melemaskan jalan lahir, dan mendapatkan persalinan yang lancar dan mudah.

Stimulus pada puting payudara

Merangsang persalinan juga bisa dilakukan dengan menstimulasi puting payudara. Mudah saja, Anda bisa melakukannya sendiri atau dengan bantuan suami. Tujuannya adalah untuk memicu hormon oksitosin yang berperan untuk memicu kontraksi rahim. Namun yang perlu diingat adalah untuk melakukan secukupnya saja. Sebab jika berlebihan akan menyebabkan kontraksi yang panjang hingga mengganggu kelancaran proses melahirkan.

Pemijatan refleksi

Pemijatan refleksi ini tidak bisa dilakukan sendiri. Dokter yang menguasai teknik refleksi biasanya akan terus mengawasi jalannya proses pemijatan. Fungsinya adalah untuk menyeimbangkan sistem tubuh dan merangsang proses persalinan.

Menghilangkan rasa cemas

Rasa cemas yang dirasakan oleh ibu hamil jelang persalinan sangat wajar terjadi. Hampir semua ibu hamil mengaku cemas saat hari H itu datang. Namun, kecemasan ini harus dilawan karena justru akan mengganggu proses persalinan. Salah satu cara menghilangkan rasa cemas adalah dengan metode Hyphnobirthing.

Akupunktur

Terapi akupunktur merupakan cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang proses persalinan. Terapi ini harus dilakukan oleh ahli dan dalam pengawasan dokter ahli juga.

Penggunaan herbal

Penggunaan obat-obatan herbal juga bisa ditempuh untuk memperlancar proses persalinan. Namun demikian, sebelum menggunakan obat herbal ini sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk tingkat aman dan tidaknya.

Birthing ball

Salah satu gerakan yang bisa dilakukan adalah birthing balls. Dengan bantuan gerakan pada birthing balls, diharapkan akan memperlancar proses persalinan.

Bercinta dengan suami

Kandungan dalam sperma dapat melemaskan leher rahim dan merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Tentunya ini akan membantu menyiapkan kesiapan leher rahim dalam melahirkan.

Itulah tips merangsang persalinan yang dapat Anda jalankan dengan alami dan mudah.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 9 Tips Merangsang Persalinan Secara Alami Efektif di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top