Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Hyphnobirthing dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Hyphnobirthing dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 5:33:00 AM oleh Unknown.

Hyphnobirthing adalah metode baru yang dapat diterapkan untuk mendapatkan kelancaran proses persalinan tanpa beban sedikit pun. Hypnobirthing merupakan gabungan dari Hypnosis dan birthing. Hypnosis sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya tidur dan pikirannya tenang. Sedangkan birthing adalah bahasa Inggris yang artinya melahirkan atau persalinan. Gabungan keduanya akan menimbulkan makna baru, yakni melahirkan dengan pikiran tenang dan tanpa beban.

Sebagaimana diketahui, masa jelang persalinan merupakan masa yang paling mendebarkan bagi ibu hamil. Tidak jarang ibu hamil yang merasakan cemas berlebih diakibatkan oleh cerita seram yang pernah didengar tentang sakitnya melahirkan. Rasa cemas, khawatir, dan gelisah ini justru bisa membuat rasa sakit saat melahirkan benar-benar datang. Nah, untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan pikiran inilah dibutuhkan sebuah hipnosis. Cara supaya para ibu bisa menjalani persalinan dengan rasa aman dan nyaman sekaligus lancar.

Tentang hyphnobirthing di Indonesia dan Manfaatnya bagi Ibu Hamil

Hyphnobirthing

Lany Kuswandi dan Hypnobirthing

Penggagas Hypnobirthing di Indonesia pertama kali adalah Lany Kuswandi. Menurutnya, Hypnobirthing merupakan salah satu metode relaksasi bagi ibu hamil untuk melahirkan secara lancar dan tidak ada beban. Ini merupakan latihan relaksasi yang akan memberikan kenyamanan pada ibu dan calon ibu untuk melahirkan bayi tanpa rasa sakit. Dengan hypnobirthing seorang perempuan akan berpikir positif dan tenang sehingga proses melahirkan akan lebih lancar karena dapat dihadapi dengan pikiran yang tenang pula. Mudahnya, dilakukan dengan pernapasan. Lebih lanjut, Lanny juga menjelaskan bahwa hypnobirthing dapat dilakukan dengan sugesti melalui usapan.

Senam hamil dan hypnobirthing

Pada saat senam hamil, seorang calon ibu akan diajak untuk mengatur nafas dan mulai berlatih mengejan untuk melahirkan. Hal ini tidak banyak berbeda dengan Hyphnobirthing, bahkan metode ini sudah didukung juga oleh dokter yang biasa memberikan solusi berupa senam hamil bagi para calon ibu. Baik senam hamil maupun hypnobirthing keduanya bertujuan untuk melancarkan proses persalinan. Bedanya adalah hypnobirthing lebih ditekankan pada rasa nyaman pada pikiran.

Kapan mulai Hypnobirthing?

Hypnobirthing bisa dilakukan layaknya senam hamil. Yaitu secara rutin saat seorang ibu sedang hamil. Teknik ini akan membantu untuk memberikan sugesti yang positif kepada perempuan yang sedang hamil. Khususnya bagi mereka yang memiliki ketakutan berlebih tentang proses persalinan yang panjang dan menyakitkan.

Cara kerja hypnobirthing dan manfaat

Pada metode ini, ibu hamil (calon ibu) dan pasangannya merupakan subyek aktif atau lebih sering disebut sujet. Nantinya, sujet akan di sugesti dengan bantuan fasilitator hingga pada kelanjutannya sujet akan mampu memberikan sugesti sendiri ke alam bawah sadarnya. Metode ini berbeda sekali dengan ilmu magis. Karena pada dasarnya metode ini merupakan perkembangan ilmu pengetahuan dan seni. Manfaat yang bisa didapatkan dari hyphnobirthing ini adalah ketenangan saat hamil dan kenyamanan serta sugesti positif saat menjalani proses persalinan. Dengan metode ini, ibu hamil tidak merasakan sakit dan bayi yang dilahirkan pun akan lebih tenang.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Hyphnobirthing dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top