Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

7 Persiapan Mental Jelang Persalinan untuk Ibu Hamil

7 Persiapan Mental Jelang Persalinan untuk Ibu Hamil adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 5:48:00 AM oleh Unknown.

Persiapan mental jelang persalinan memang diperlukan oleh semua ibu hamil. Pasalnya, kelahiran jabang bayi bukan hal yang ringan, melainkan sebuah pertaruhan hidup dan mati. Banyak yang menyambutnya dengan rasa tenang dan rileks namun tidak sedikit ibu hamil yang justru khawatir, panik dan takut. Untuk tetap tenang dalam menjalani proses persalinan ini, kami akan memberikan tips mudahnya untuk Anda. Simak ulasannya berikut ini.

Inilah 7 persiapan mental jelang persalinan normal maupun Caesar

Persiapan Mental Jelang Persalinan untuk Ibu Hamil

Pertama, lupakan pengalaman buruk

Sebagian besar perempuan yang khawatir saat hendak melahirkan dikarenakan oleh pengalaman lama yang buruk. Bisa jadi dari kelahiran pertama yang menyakitkan atau tidak terlalu lancar. Untuk itu, hindarilah untuk berpikir negatif dan buang jauh pengalaman buruk tersebut. Yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan ini adalah hal baik dan harus diawali dengan hal baik dan positif juga. Jangan sampai pengalaman buruk itu mempengaruhi Anda dan membuat Anda semakin paranoid.

Kedua, harus ada yang menemani saat persalinan

Anda butuh support dari luar untuk membuat Anda kuat selama persalinan. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda membutuhkan suami atau ibu Anda untuk menemani. Tentukan dulu mana yang memiliki waktu luang dan bisa memberikan pengaruh positif pada semangat Anda. Sehingga saat melahirkan, Anda dan suami atau ibu Anda bisa menjalani perjuangan tersebut bersama.

Ketiga, berdiskusi dengan dokter

Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai rasa sakit Anda dan bagaimana menanganinya dengan baik. Tanyakan obat anti nyeri yang akan Anda butuhkan sekaligus aman dan sehat untuk Anda. Hal ini karena rasa nyeri saat persalinan tidak akan bisa dihindarkan. Maka dari itu, agar Anda tenang dan semua dalam kendali, Anda harus berkonsultasi dengan dokter yang membantu Anda melahirkan. Klik persiapan melahirkan cesar.

Keempat, afirmasi positif

Lakukan afirmasi positif untuk diri Anda untuk melawan kalimat negatif yang biasanya muncul. Kekhawatiran bisa jadi muncul manakala Anda memikirkan sesuatu yang mengandai-andai. Hindari dan lawanlah dengan kalimat positif bahwa semua akan berjalan lancar.

Kelima, aktif dan sehat

Tak hanya afirmasi dan sugesti positif, Anda juga harus bertindak positif untuk kehamilan dan persalinan  Anda. Aktivitas yang sehat dapat menghasilkan pemikiran yang sehat pula. Anda akan jauh lebih tenang ketika sudah banyak melakukan tindakan positif untuk kelancaran persalinan ini. Anda sudah bisa mengukur sampai di mana kesehatan Anda dengan usaha yang Anda lakukan.

Keenam, tarik nafas dalam dan yoga

Untuk mengurangi stres berlebih, Anda juga bisa melakukan yoga atau menarik nafas dalam-dalam saat kepanikan mulai menyelimuti.

Ketujuh, berdoa

Doa adalah salah satu usaha yang sangat penting. Anda sedang meminta kelancaran persalinan dan secara langsung memperbaiki mood Anda. Dengan berdoa, mental Anda untuk menghadapi persalinan akan jauh lebih tenang.

Demikian informasi tentang persiapan mental jelang persalinan yang dapat kami paparkan. Semoga bermanfaat.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel 7 Persiapan Mental Jelang Persalinan untuk Ibu Hamil di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top