Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Masa Subur Wanita, Ini Cara Deteksi dan Mengetahuinya

Masa Subur Wanita, Ini Cara Deteksi dan Mengetahuinya adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 3:40:00 AM oleh Unknown.

Masa subur wanita menjadi salah satu pengetahuan dasar yang seharusnya diketahui oleh pasangan suami istri, khususnya istri. Sebagai seorang perempuan yang baik, mengetahui masa subur adalah bekal Anda untuk mendapatkan momongan. Pasalnya, pada saat inilah sel telur matang dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Pengetahuan yang baik akan menjadi guidance Anda saat hendak melakukan hubungan intim dengan suami. Saking pentingnya masa subur ini, dalam berbagai tips yang disarankan oleh dokter kandungan, disebutkan bahwa pada saat masa subur, mereka yang ingin memiliki momongan hendaknya menambah intensitas berhubungan intim. Agar kemungkinan atau probabilitas untuk hamil bisa meningkat.

Kali ini, kami ajak mengajak Anda untuk mengenali beberapa tanda masa subur perempuan dan cara deteksi mudahnya. Simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut ini.

Tanda Masa Subur Wanita, Cara Mengetahuinya dengan Mudah

Masa Subur Wanita


Pengertian masa subur

Masa subur adalah masa di mana ovarium akan melepaskan sel telur atau ovum. Pada saat inilah sel telur atau ovum tersebut dalam keadaan matang dan sangat siap untuk dibuahi. Apabila sel telur yang sudah matang tersebut tidak dibuahi, maka perempuan akan mengalami menstruasi (pendarahan).

Perhitungan masa subur

Masa subur perempuan biasanya terjadi pada hari ke 12 hingga ke 16 dari hari pertama menstruasi pada bulan tersebut. Masa subur ini menunjukkan gejala yang unik dan berbeda dari hari biasa. Jika Anda ingin mengenalinya, silakan lanjut baca.

Deteksi masa subur

Masa subur wanita dapat dideteksi dengan mudah. Bisa melalui bentuk lendir atau cairan dari vagina, hasrat, maupun suhu basal dari tubuh. Selengkapnya berikut rangkumannya;

Pertama, perubahan tekstur dan warna lendir

Lendir yang keluar pada saat masa subur berbeda dengan keputihan pada hari biasa. Lendir ini lebih jernih, licin, dan tidak mudah putus saat dites dengan jari. Anda bisa cek elastisitas lendir yang ada di vagina Anda dengan cara mengambilnya dengan jempol dan telunjuk dan merenggangkan dua jari Anda tersebut. Lendir inilah yang berfungsi untuk membantu sperma masuk dan menembus vagina Anda.

Kedua, suhu tubuh meningkat

Anda perlu melihat berapa suhu tubuh Anda di hari biasa dan melihatnya pada saat masa subur jika ingin membandingkannya. Untuk langkah kedua ini, Anda perlu menyiapkan termometer di rumah.

Ketiga, nyeri pada perut bagian bawah

Hampir sama dengan saat Anda hendak menstruasi, orang yang sedang masuk dalam masa subur juga mengalami hal yang sama. Biasanya terjadi beberapa hari sebelum tanda menstruasi datang.

Keempat, perhatikan siklus menstruasi

Untuk mengenali tanda masa subur wanita, akan sangat baik jika Anda memahami siklus menstruasi Anda. Sebab setiap perempuan memiliki siklus yang berbeda, apakah pendek ataukah panjang. Dengan begini, Anda juga bisa merencanakan kehamilan Anda dengan mudah. Utamanya jika Anda memilih sistem kalender untuk membantu kehamilan Anda.


Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Masa Subur Wanita, Ini Cara Deteksi dan Mengetahuinya di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top