Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Say No to Jerawat!!!

Say No to Jerawat!!! adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 7:27:00 AM oleh carakucari.

" Kulit cantik terawat adalah sahabat remaja. So, jangan bergaul ama Jerawat! Maka katakan : Say no to jerawat."
Mitos yang berkembang dikalangan remaja adalah bahwa jerawat disebabkan oleh karena terlalu banyak makan coklat, kacang atau minuman mengandung soda. Tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. 

jerawat
Jerawat
Awal mula keberadaan jerawat adalah karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan di bawah kulit kita, dan ditambah dengan bertumpuknya kulit mati serta adanya bakteri. Hal ini membuat pori-pori kita tersumbat lalu timbulah radang di kulit wajah. Masa keemasan jerawat adalah saat usia antara 12 s.d. 25 tahun saat terjadi peningkatan hormon Androgens atau hormon maskulin yang secara otomatis mengakibatkan produksi Sebum atau minyak moisturizer alami pada wajah meningkat bahkan berlebih. Produksi berlebih ini mengakibatkan kulit mati yang seyogyanya terkelupas malah menutup pori-pori, ditambah dengan kotoran dan bakteri saat banyak melakukan aktifitas. Inilah yang menyebabkan timbulnya peradangan pada kulit wajah sampai mengakibatkan jerawat muncul menghiasai wajah kita.
Selain itu juga, tingkat stress tinggi, saat produksi hormon tidak stabil atau saat mendekati datang bulan bisa mengindikasikan datangnya musuh wajah kita.
Lalu bagaimana cara mencegahnya?
Ada 5 tips mudah untuk mengantisipasinya :
  1. Cuci muka 
    • Setidaknya 2 kali mencuci muka dalam sehari atau setelah melakukan aktifitas yang mengakibatkan kita berkeringat.Tapi ingant jangan terlalu sering, karena bisa membuat kulit wajah menjadi kering.
  2. Hindari rambut menutup wajah
    • Banyak produk perawatan rambut keseringan mengandung minyak atau senyawa kimia yang menyebabkan jerawat ditambah model poni merupakan model rambut yang menutup wajah apalagi wajah dalam kondisi kotor dan berminyak memudahkan berkembangnya jerawat di wajah kita.
  3. Mengatur pola makan dengan nutrisi tepat 
    • Diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan berserat, zinc dan makanan alami/mentah seperti makanan/sayuran rebusan juga sushi. Jika mungkin, hindari minuman mengandung alkohol, susu full cream, kafein, gula dan makanan dengan kadar yodium tinggi.
  4. Tidur cukup
    • 7- 8 jam sehari adalah waktu tidur normal dan sebaiknya kita tidur pada pukul 9 atau 10 malam. Pada saat tidur lelap, tubuh kita memproduksi hormon untuk detoksifikasi atau membuang racun tubuh secara alami.
  5. Hindari stress berkepanjangan
    • Stress membuat keseimbangan produksi hormon terganggu atau tidak stabil.


image source : google
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Say No to Jerawat!!! di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top