Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Manfaat Daun Bayam Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Bayam Merah Bagi Kesehatan adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 1:00:00 AM oleh carakucari.

Tanaman dengan nama latin Blitum rubrum atau di Indonesia dikenal Bayam Merah merupakan tumbuhah kurang populer. Namun dibalik itu ternyata didalamnya mengandung khasiat sebagai obat-obatan, yaitu vitamin A, B, C, protein, kalium, zat besi, purin dan amarantin, serta karbohidrat.
Tanaman ini banyak dijumpai di wilayah beriklim tropis maupun sub tropis di seluruh belahan dunia. Tetapi ada satu daerah sebagai lahan cocok untuk tumbuhan jenis ini akan tumbuh lebih subur di daerah dataran rendah.
Bayam Merah
Bayam Merah
Adapun manfaat dari Bayam Merah adalah berkhasiat meningkatkan kinerja ginjal, membantu pencernaan karena tingginya kandungan serat, cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi serta pencegahan anemia. Juga baik untuk menjaga keseimbangan berat badan bila rutin dikonsumsi.
Bahkan, akar Bayam Merah juga bisa diminum oleh penderita diare untuk menghentikan buang-buang air. Dan bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, tumbuhan ini juga bagus untuk membantu membersihkan darah nifas ( darah sehabis persalinan ).
Juga bisa sebagai pencegah kerontokan pada rambut, mengobati luka akibat gigitan serangga berbisa.

Caranya :

Mengkonsumsi Bayam Merah dengan cara merebus daunnya, kemudian disantap sebagai lalapan ataupun dibuat sayur bening bahkan dibuat jus.
Sedangkan untuk pengobatan luka gigitan serangga, tanaman ini dihaluskan lalu ditempelkan pada luka akibat gigitan tersebut.

sumber : Buku Apotek Sehat

Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Manfaat Daun Bayam Merah Bagi Kesehatan di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top