Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Tips Membentuk Kepribadian Baik Bagi Anak

Tips Membentuk Kepribadian Baik Bagi Anak adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 12:16:00 AM oleh carakucari.

Tips Membentuk Kepribadian Anak

Minta Maaf
Minta Maaf
Setidaknya ada 3 kata yang sangat mendasar namun memberikan peran besar dalam perkembangan kepribadian seorang anak dalam tumbuh kembang mereka yaitu, Minta Maaf, Minta Tolong dan Ucapan Terima Kasih.
Keteladanan saat ini bukan hanya sebuah kata-kata ajakan tetapi lebih dari itu, anak belajar dari apa yang mereka lihat dan rasakan. Intinya adalah keteladanan. Hal tersebut kadang tidak kita sadari sebagai orang tua, bahwa anak bisa mendapatkan sebuah pendidikan dari mana saja.
Oleh karena itu, contoh baik harus selalu kita tanamkan kepada mereka di masa perkembangan anak agar mereka bisa menyikapi apa yang mereka lihat dan rasakan diluar secara positif.


Minta Maaf

Jika Anda ingin anak Anda berani meminta maaf akan sebuah kelalaian atau kesalahan, ada baiknya Anda mulai memberikan contoh dengan mengajarkan dan menerapkan hal itu di rumah Anda. Mulailah meminta maaflah dengan sungguh-sungguh kepada mereka jika Anda melakukan kesalahan.
Di sini, anak-anak justru akan menaruh rasa hormat jika Anda berani meminta maaf, karena ini menunjukkan kebesaran hati Anda sebagai orang tua.
Biasakan mereka untuk minta maaf dengan sungguh-sungguh serta tanamkan agar tidak mengulangi perbuatan/kesalahan mereka.

Minta Tolong

Minta tolong merupakan sebuah hal penting dalam kehidupan kita. Tanpa mengecilkan ucapan lainnya, ucapan tersebut mempunyai penghargaan lebih  baik  untuk penolong maupun yang ditolong. Tanamkan pada anak, untuk minta tolong dengan sopan, kepada siapapun terlebih kepada mereka yang lebih tua, baik kepada orang yang kita pekerjakan seperti pembantu, sopir dan lainnya.
Berikan contoh kepada mereka saat anda meminta pembantu anda untuk melakukan sesuatu.

Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan sesuatu adalah sebuah pemberian penghargaan pada orang lain dan itu merupakan teladan bagi anak-anak anda. Hal tersebut juga bisa anda biasakan untuk mengucapkannya setelah anda mendapatkan sesuatu ataupun saat putra-putri anda menunjukkan suatu kebanggaan mereka, misal nilai rapor, menang apa, dan lainnya. Tidak selalu mewujudkannya dengan besar atau mahalnya hadiah, cukup ucapkan kata terima kasih dengan sungguh-sungguh, itu sudah merupakan hal luar biasa bagi mereka. Tetapi bukan berarti anda tidak boleh memberikan hadiah. Sekali-kali anda juga boleh memberikan hadiah kepada mereka lho! Yang paling penting berikan teladan dengan selalu melakukannya. Anak dengan sendirinya melihat pola tingkah laku kita sebagai panutan mereka dan secara tidak mereka sadari bahwa hal tersebut sudah masuk dalam alam bawah sadar mereka.
Sebuah kebanggaan sebagai orang tua jika melihat perkembangan anak mereka menjadi orang-orang yang berkepribadian baik dan berkarakter mulia.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Tips Membentuk Kepribadian Baik Bagi Anak di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top