Informasi terkini kesehatan dan kecantikan alami serta tren fashion remaja wanita Indonesia.

Penting! Jangan Sembarangan Memilih Sepatu Sport.

Penting! Jangan Sembarangan Memilih Sepatu Sport. adalah salah satu artikel tentang ruang kesehatan dan fashion bagi bunda dan remaja putri. Posting 12:32:00 AM oleh carakucari.

Sepatu Sport
Sepatu Sport
Jangan Sembarangan Memilih Sepatu Sport
Sepatu sport atau sepatu olahraga adalah sepatu yang sebenarnya wajib dipakai saat seseorang melakukan olah raga. Sebagian orang beranggapan jika berolah raga tanpa sepatu atau bertelanjang kaki lebih menyehatkan karena permukaaan tanah yang tidak rata dapat memijat simpul-simpul refleksi pada kaki. Benarkah pendapat ini?

Pentingnya Sepatu Olahraga
Para ahli selalu menyarankan memakai sepatu saat olahraga  karena kaki akan mendapat tekanan yang lebih berat saat berolahraga, jika tidak memakai alas kaki akan rentan cedera. Cedera pada kaki juga dapat membahayakan tulang-tulang kecil penyusun telapak kaki, apalagi jika olah raga yang dilakukan lumaya berat dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.
Orang-Orang kadang juga tidak memilih sepatu sport yang tepat, padahal sepatu sport yang tidak tepat akan beresiko menyebabkan kaki cepat lelah dan cedera. Tidak semua sepatu sport dipasaran memiliki kualitas dan bentuk yang tepat. Sepatu yang tepat bagi kaki seseorang mungkin saja tidak tepat bagi kaki orang lain. Mengapa demikian? Setiap orang mempunyai jenis bentuk kaki yang bisa saja berbeda-beda. Inilah alasan mengapa semua sepatu sport belum tentu cocok bagi semua orang.

Perhatikan Bentuk Kaki Anda
Secara umum bentuk kaki dikelompokkan menjadi tiga, yaitu normal, supination dan  pronation. Penjelasan tentang bentuk-bentuk  kaki tersebut seperti dibawah ini.

Bentuk Kaki
Bentuk Kaki

  • Bentuk kaki normal
    • Kaki normal adalah kaki yang tegak dan tempat bertumpu kaki adalah tumit dan telapak kaki depan. Bentuk kaki ini dapat memakai sepatu yang desainnya seimbang. Kaki bentuk ini akan menggunakan tumit dan kaki bagian depan untuk bertumpu, sehingga perhatikan selalu bagian tumit dan telapak kaki depan
  • Bentuk kaki supination
    • Bagi Anda yang mempunyai kaki yang cenderung melengkung ke arah luar, sehingga kedua kaki Anda akan membentuk huruf O jka dirapatkan berarti Anda mempunyai bentuk kaki supination. Letak tumpuan pada kaki seperti ini berada di sisi luar telapak kaki. Anda harus memperhatikan sepatu yang akan Anda pilih untuk kaki jenis ini. Sepatu yang empuk dengan outsole atau shock dispersion akan mengurangi resiko cedera. Pemakaian sepatu yang salah untuk kai ini dapat mengakibatkan nyeri dari leher, punggung, atau lutut saat atau sesudah olahraga.
  • Bentuk Kaki Pronation
    • Bentuk kaki ini adalah kebalikan dari supination. Kaki cenderung melengkung ke arah sisi dalam kaki sehingga tumpuan lebih banyak jatuh ke telapak kaki kaki tengah. Jika dilihat seksama, telapak kaki pronation akan cenderung lebih datar. Bentuk kaki ini juga mudah cedera jika sepatu yang digunakan tidak cocok. Sepatu olahraga dengan midsole atau foot bridge akan membantu mengurangi resiko cedera nyeri setelah olahraga seperti nyeri lutut atau nyeri pinggul.


 Demikian beberapa tips untuk memilih sepatu sport. Lihat juga artikel tentang sepatu fashion remaja.
Terimakasih atas waktu anda untuk membaca artikel Penting! Jangan Sembarangan Memilih Sepatu Sport. di blog sederhana ini
Facebook Twitter Google+
Back To Top